Warisan Korea Kelas Dunia: Gangnido, Peta Afrika-Eurasia Tertua yang Pernah Ada, Seperti Apa Wujudnya? - HALLYU STORY - One-stop Fun and Readable Contents for Millennials who Enjoy All About Korea

Hottest

Post Top Ad

Post Top Ad

Beriklan di Sini

Wednesday, December 18

Warisan Korea Kelas Dunia: Gangnido, Peta Afrika-Eurasia Tertua yang Pernah Ada, Seperti Apa Wujudnya?




HALLYU-STORY.COM - Banyak warisan kelas dunia yang dimiliki Korea Selatan sejak dulu bahkan hingga kini. Salah satunya peta Afro-Eurasia. Bagaimana bisa?

Peta tersebut diberi nama Gangnido, yang merupakan kependekan dari HonilGangniYeokdaeGukdoJido. Gangnido merupakan peta dunia yang digambar pada awal abad ke-15. Gangnido sendiri memiliki arti "Peta Dunia yang Harus Diketahui".

Dibuat Pada Zaman Dinasti Joseon


Gangnido dibuat pada tahun 1402, atau sekitar 10 tahun setelah terbentuknya dinasti Joseon (1392-1910) oleh Wakil Perdana Menteri. Peta tersebut dibuat dengan menggabungkan dari berbagai macam peta dari Korea, China, dan Jepang. Yang lebih mengejutkannya lagi, Afrika juga termasuk di dalamnya. Di mana memiliki usia 100 tahun lebih dulu dari semua peta Eropa.

Peta Gangnido yang merupakan peta Afrika-Eurasia tertua © vank.prkorea.com


Peta yang Tak Tertandingi


Peta ini terdiri dari Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa, dan Afrika. Bahkan Afrika sendiri pun secara detail digambarkan mulai dari Pantai Afrika dan Sungai Nil. Pada saat itu, nggak ada peta yang menandingi Gangnido.

Gangnido mencerminkan bahwa Joseon begitu luar biasa dalam memahami dunia. Bagaimana bisa Joseon membuat peta dunia yang begitu akurat? Hal ini menunjukkan bagaimana tingginya tingkat literasi, pengetahuan dan budaya yang dimiliki dinasti Joseon.

Sejarawan Inggris Joseph Needham memuji Gangnido sebagai peta terbaik saat itu. Peta ini juga digunakan untuk cover buku "the History of Cartography in the Traditional East and Southest Asian Societies" yang diterbitkan oleh University of Chicago Press. Dalam buku yang lain, "Cartographia: Mapping Civilizations", ditulis oleh Vincent Virga dan the U.S. Library of Congress mengevaluasi, nggak ada peta yang bisa dibandingkan dengan Gangnido, dan ini menciptakan Korea yang baru.

Bagaimana, kamu sudah pernah mendengar ataupun melihat Gangnido sebelumnya?










Sumber Gambar: vank.prkorea.com


Artikel ini dikutip dan diterjemahkan oleh Mita Anandayu untuk HALLYU-STORY.COM dari vank.prkorea.com. Voluntary Agency Network of Korea (VANK) adalah organisasi non-pemerintah dan nirlaba yang berbasis di Korea. Anggota VANK adalah "Cyber ​​Diplomat" yang bertujuan untuk memperkenalkan Korea kepada dunia dan "World Changers" yang berusaha untuk memecahkan masalah global dan mengubah dunia. Visi VANK adalah agar Korea berkembang menjadi center Asia, pintu gerbang ke Asia Timur Laut, dan negara yang dicintai yang berbagi persahabatan dan bermimpi dengan orang-orang dari seluruh dunia.

2 comments:

  1. I guess this blog is perfectly incomparable.

    ReplyDelete
  2. Hi Dear, have you been certainly visiting this site daily, if that's the case you then will certainly get good knowledge.rehab centers in georgia

    ReplyDelete

Post Top Ad