Warisan Korea Kelas Dunia: Mahkota Emas Kuno Kerajaan Silla Terbanyak di Dunia & Arti Tiap Ornamen - HALLYU STORY - One-stop Fun and Readable Contents for Millennials who Enjoy All About Korea

Hottest

Post Top Ad

Post Top Ad

Beriklan di Sini

Tuesday, September 10

Warisan Korea Kelas Dunia: Mahkota Emas Kuno Kerajaan Silla Terbanyak di Dunia & Arti Tiap Ornamen

Warisan Korea Selatan Kelas Dunia Mahkota Emas Kuno Kerajaan Silla.

HALLYU-STORY.COM - Peninggalan sejarah Korea Selatan juga tak luput dengan warisan kuno. Namun sayangnya, nggak banyak yang bisa kamu dapatkan soal informasinya. Nah, HALLYU-STORY.COM kali ini membahas tentang mahkota emas kuno Kerajaan Silla yang masuk sebagai warisan kelas dunia.

Kamu mungkin ada yang nggak ingat atau lupa dengan wujudnya ketika menyebut "mahkota emas kuno Kerajaan Silla". Tapi bagi pecinta drama Korea, ketika menyebut mahkota Queen Seon Deok, kamu bakal langsung bisa membayangkan mahkota yang dimaksud. Sudah ingat?

Mahkota emas kuno khas Kerajaan Silla digunakan dalam drama Queen Seon Deok © MBC






Mahkota Emas Kuno Terbanyak di Dunia


Nah, mahkota inilah yang bakal HALLYU-STORY.COM bahas kali ini. So, tahukah kamu bahwa Korea memiliki jumlah mahkota emas kuno terbanyak di dunia?

Nah, di antara 13 mahkota emas kuno yang ditemukan di seluruh dunia, tujuh berasal dari kerajaan Silla Korea kuno (tahun 57 SM-935 M). Untuk alasan ini, Silla juga dikenal sebagai kerajaan mahkota emas. Silla dianggap sebagai yang terdepan dalam produksi mahkota emas di masa kuno. Keseluruhan mahkota emas tersebut terbuat dari emas murni lho!

Mahkota emas kuno Kerajaan Silla masuk dalam daftar National Treasure No. 188 © Korea.net


Bentuk Dasar dan Arti Mahkota Emas Kerajaan Silla


Sebenarnya, apa arti mahkota emas bagi orang-orang Silla? Mahkota Silla dihiasi dengan ornamen yang menyerupai tanduk rusa dan ranting pohon. Selain dianggap sebagai binatang suci, orang Silla kuno melihat rusa sebagai ojek yang umum dalam karya seni serta pembawa pesan surga. Kalau ranting pohon dianggap sebagai lambang kehidupan abadi karena selalu memanjakan diri dan juga jalur menuju surga. Sedangkan emas sendiri menandakan keabadian.

Nggak cuma itu, di mahkota tersebut juga terdapat ratusan orname bulat yang dikaitkan dengan kawat emas. Ada juga hiasan dari giok yang biasa disebut dengan gogok untuk menggantungkan ornamen-ornamen bulat tersebut. Uniknya, gogok ini diukir seperti embrio, yang merupakan lambang kesuburan, berlimpah, dan kehidupan yang abadi.

© vank.prkorea.com


Kerajaan Silla Berjaya Selama 1000 Tahun


Mengingat bahwa mahkota emas ditemukan di makam raja-raja, mungkin saja ini melambangkan tekad raja Silla untuk melindungi rakyat bahkan setelah kematian. Panjang rata-rata dari dinasti Cina adalah 150 tahun. Jarang menemukan dinasti yang berjaya selama 1000 tahun.

Dedikasi raja-raja Silla kepada rakyat mungkin merupakan dorongan untuk umur panjang kerajaan. Mahkota emas Silla mewakili warisan kerajaan yang bertahan selama ribuan tahun. Itulah sebabnya mahkota emas kuno kerajaan Silla masuk ke dalam daftar National Treasure No. 188.

Apa warisan Korea Selatan kelas Dunia yang akan dibahas selanjutnya? Pantengin terus HALLYU-STORY.COM!



Sumber Gambar: vank.prkorea.com, korea.net, MBC

Artikel ini dikutip dan diterjemahkan oleh HALLYU-STORY.COM dari vank.prkorea.com. Voluntary Agency Network of Korea (VANK) adalah organisasi non-pemerintah dan nirlaba yang berbasis di Korea. Anggota VANK adalah "Cyber ​​Diplomat" yang bertujuan untuk memperkenalkan Korea kepada dunia dan "World Changers" yang berusaha untuk memecahkan masalah global dan mengubah dunia. Visi VANK adalah agar Korea berkembang menjadi center Asia, pintu gerbang ke Asia Timur Laut, dan negara yang dicintai yang berbagi persahabatan dan bermimpi dengan orang-orang dari seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad