Rangkaian Perjalanan 1000 KM Rombongan Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia dalam Tur "TeKo Nang Jawa" - HALLYU STORY - One-stop Fun and Readable Contents for Millennials who Enjoy All About Korea

Hottest

Post Top Ad

Post Top Ad

Beriklan di Sini

Monday, September 9

Rangkaian Perjalanan 1000 KM Rombongan Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia dalam Tur "TeKo Nang Jawa"

Rangkaian Tur "TeKo Nang Jawa" bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang Beom berakhir di Surabaya © hallyu-story.com/Instagram.com/korembd.idn/dubes.korsel


HALLYU-STORY.COM - Di awal bulan September menjadi hari yang spesial bagi Korea dan Indonesia. Kedutaan Besar Republik Korea secara resmi meluncurkan tur promosi budaya "Teman Korea (TeKo) Nang Jawa". TeKo Nang Jawa merupakan program dari Kedutaan Besar Republik Korea untuk diplomasi publik. Tur TeKo Nang Jawa diselenggarakan pada tanggal 2-7 September 2019, di mana Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang Beom beserta rombongan staff Kedutaan Besar Republik Korea mengunjungi beberapa kota di Pulau Jawa, yakni Cirebon, Brebes, Solo, dan akan berakhir di Surabaya dengan menggunakan bus. Nggak cuma rombongan dari Kedubes Korea Selatan, Youtuber asal Korea yang fasih berbahasa Jawa, Jang Hansol, juga ikut dalam rombongan lho.


Buat kamu yang belum tahu, kata "teko" di sini nggak cuma memiliki arti sebagai "teman Korea" saja lho, tetapi dalam bahasa Jawa "teko" artinya "datang". Sehingga jika diartikan, "TeKo Nang Jawa" memiliki dua arti, yang pertama "datang ke Jawa" dan "Teman Korea ke Jawa". Dalam konferensi pers seperti yang dikutip dari salah satu Sahabat Korea, Stephanie Mita (Instagram.com/stmita), Kim Chang Beom mengatakan, bahwa nama TeKo Nang Jawa merupakan hasil diskusi antara staff Kedubes Korea Selatan dengan Sahabat Korea.


© Instagram.com/koremb.idn/kcc.id/ktoid


Sahabat Korea merupakan official social media supporter of Embassy of Republic Korea. Sahabat Korea dibentuk bulan November 2018 dan bertugas mempromosikan event-event Kedubes Korea Selatan, serta semua yang berhubungan dengan Korea di sosial media.

Kegiatan TeKo Nang Jawa di antaranya memperkenalkan makanan Korea (K-food), produk pertanian Korea, tarian tradisional Korea, serta pariwisata Korea. Selain Kedutaan Besar Republik Korea, TeKo Nang Jawa juga dipersembahkan oleh Korea Cultural Center (KCC), Korean Tourism Organization Indonesia (KTO), dan Taste of Love K-Food.

Jadwal Acara TeKo Nang Jawa © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid


Awarding Ceremony & Kick-Off Ceremony



Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang Beom © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Perjalanan Dubes Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang Beom dimulai dari tanggal 2 September 2019. Awarding Ceremony & Kick Off Ceremony diselenggarakan di Lotte Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, dengan dihadiri oleh sekitar 300 orang.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang Beom, memberi sambutan TeKo Nang Jawa © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid


Duta Besar membuka acara dengan sambutan dan dilanjutkan dengan Awarding Ceremony. Kim Chang Beom mengumumkan nama-nama yang menjadi pemenang dalam lomba logo dan poster untuk event TeKo Nang Jawa. Lomba logo dan poster ini diikuti oleh Warga Negara Indonesia dan Korea Selatan.

Logo Teman Korea (TeKo) Nang Jawa © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid


Acara pun kemudian dilanjutkan dengan Kick-off Ceremony, di mana 300 orang ikut mengantarkan keberangkatan Dubes Korea dan rombongan menuju kota-kota di Pulau Jawa. Masing-masing dari mereka juga membawa bendera Indonesia dan Korea saat berpose di depan bus TeKo Nang Jawa sebelum rombongan berangkat.

Dubes dan rombongan staff Kedubes Korea Selatan berpose di depan bus "TeKo Nang Jawa" © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid
Bapak Kim Chang Beom berpose di depan bus "TeKo Nang Jawa" dengan mengenakan blangkon © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid


TeKo Nang Cirebon


Perjalanan 1000 KM Dubes Korea Selatan dan rombongan berhenti di tempat persinggahan pertama yaitu kota Cirebon. Pada tanggal 3 September 2019, Teman Korea dan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan Korea Selatan, Pemda Cirebon serta mahasiswa dan masyarakat setempat berpartisipasi dalam Cirebon Coastal Clean Up Campaign.


Cirebon Coastal Clean Up Campaign 2019 © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Cirebon Coastal Clean Up Campaign ini ditujukan untuk sumber daya laut dan Indonesia karena laut yang kini sudah semakin tercemar diakibatkan oleh sampah.

Selain Cirebon Coastal Clean Up Campaign, TeKo Nang Jawa juga menyediakan K-Food yang telah disediakan di K-Food truck. Selain itu, ada juga bibimbap dalam porsi besar lho!

K-Food Truck di Cirebon © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Malam harinya, TeKo Nang Jawa memeriahkan acara Hallyu Come On 2019. Dalam acara ini, kita bisa menikmati demo Taekwondo, tari tradisional Korea dan Indonesia, K-Pop, fashion show, sampai mukbang!

Bapak Kim Chang Beom di Hallyu Come On! Cirebon © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Youtuber asal Korea Selatan yang fasih berbahasa Jawa, Jang Hansol juga ikut menemani perjalanan 1000 KM bersama Bapak Dubes © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid


TeKo Nang Brebes


Perjalanan Teman Korea berlanjut ke kota berikutnya, yakni Brebes. Dubes Korea Selatan dan rombongan mendatangi saah satu perusahaan Korea yang ada di Brebes, PT Daehan Global pada tanggal 4 September 2019.

Bapak Kim Chang Beom mendatangi salah satu perusahaan Korea di Brebes, PT Daehan Global © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Di Brebes, Teman Korea disambut oleh Gempita Duo Budoyo yang merupakan festival budaya Korea dan Indonesia yang diselenggarakan sebagai kegiatan CSR. Sekitar 5000 orang tenaga kerja Indonesia yang bekerja di PT Daehan Global menikmati festival budaya Korea dan Indonesia tersebut.

Gamelan juga ditampilkan di hadapan Dubes Korea dan rombongan © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Lebih serunya lagi, tim seni Gamelan Ariran dan tim K-Pop cover dance tampil memeriahkan acara. Nggak lupa juga, K-Food juga dibagikan di sini supaya mereka bisa mencicipi makanan Korea.

TeKo Nang Solo


Sesampainya di Solo, Dubes Kim Chang Beom mengunjungi Puro Mangkunegaran dan Museum Keris Nusantara. Di sini pria yang akrab disapa Mr Kim itu belajar tentang sejarah dan budaya Indonesia. Mr Kim yang saat itu masih ditemani Jang Hansol juga mencoba Soto Ayam di salah satu warung makanan terkenal di Solo, yaitu "Soto Kirana".

Bapak Kim Chang Beom belajar budaya dan sejarah Indonesia ketika di Solo © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Malam harinya, bus rombongan Kedubes Korea Selatan tiba di acara pembukaan Solo International Performing Arts (SIPA) 2019 di Benteng Vastenburg pada 5 September 2019. SIPA menyuguhkan pertunjukan seni dari seorang seniman non-bendawi asal Korea Selatan.

Menggunakan pakaian tradisional Korea, Hanbok, dalam acara SIPA © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Nggak cuma sampai di situ, para pengunjung juga bisa mencoba memakai Hanbok, bermain permainan tradisional Korea, hingga menulis Hangeul di stan yang disediakan oleh Korea Cultural Center (KCC). Belum lagi ada juga berbagai masakan Korea yang disediakan di K-Food Truck.

TeKo Nang Surabaya


Perjalanan Teman Korea akhirnya harus berakhir di kota Surabaya. Setelah sampai di Kota Pahlawan ini, Dubes Kim Chang Beom beserta rombongan mengunjungi Taman Korea pada tanggal 6 September 2019.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia mengunjungi Taman Korea di Surabaya © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Bagi yang masih merasa asing dengan Taman Korea, Taman ini dibangun di daerah Jalan Dr Soetomo Surabaya untuk menghibur orang-orang Korea yang menjadi korban pada zaman penjajahan Jepang di Indonesia. Orang-orang Korea dikirim ke Indonesia oleh Jepang untuk dijadikan pekerja paksa di wilayah pendudukan Indonesia. Selain itu, monumen ini juga dibangun untuk mempromosikan hubungan erat dan persahabatan antara warga Korea dan Indonesia, serta berharap terciptanya kedamaian dunia.

Seusai dari Taman Korea, Dubes Kim Chang Beom bertemu dengan Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan menghadiri seminar dengan tema "All About Korea! Special Seminar on Korean Culture and History" di UNESA. Acara ini digelar oleh VANK (Voluntary Agency Network of Korea), delegasi diplomasi siber di bawah Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia dan Voluntary Agency Network of Korea (VANK) saat di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid


Wrap Up Ceremony di Surabaya



Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia beserta jajaran Pemerintahan Kota Surabaya di TeKo Nang Jawa © hallyu-story.com

Keesokan harinya (7/9/2019), Dubes Kim Chang Beom menutup rangkaian tur promosi budaya Korea dalam Wrap Up Ceremony yang diadakan di Galaxy Mall 3 Surabaya pada pukul 13.00. Rangkaian acara di Wrap Up Ceremony ini antara lain ada Taekwondo Day, demo bibimbap porsi besar, bazaar K-Food, K-beauty hingga Cooking Show bersama Jun Chef.

Bazaar makanan Korea TeKo Nang Jawa di Surabaya © hallyu-story.com


Sebelum mengakhir perjalanan 1000 KM dan kembali ke Jakarta, Dubes Kim Chang Beom berpose bersama dengan para peserta Taekwondo Day di depan bus TeKo Nang Jawa dengan membawa bendera Indonesia dan Korea Selatan.

Bibimbap porsi besar © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Bapak Dubes bersama peserta Taekwondo yang ikut memeriahkan TeKo Nang Jawa Surabaya © Instagram.com/korembd.idn/kcc.id/ktoid

Semoga saja ini bukan yang terakhir untuk event TeKo Nang Jawa. Dubes mengatakan rencananya akan mengadakan TeKo Nang Jawa Season 2 tapi kita tunggu saja kabar baik ini selanjutnya. 수고하셨습니다!







Sumber: hallyu-story.com; Kedutaan Besar Republik Korea (@koremb.idn); Korea Cultural Center; Korean Tourism Organization Indonesia

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad