Daftar Lengkap Rekomendasi Makanan Tradisional Korea, Asal - Cara Penyajian - HALLYU STORY - One-stop Fun and Readable Contents for Millennials who Enjoy All About Korea

Hottest

Post Top Ad

Post Top Ad

Beriklan di Sini

Thursday, September 19

Daftar Lengkap Rekomendasi Makanan Tradisional Korea, Asal - Cara Penyajian




HALLYU-STORY.COM - Kimchi merupakan salah satu makanan tradisional Korea yang masuk dalam daftar makanan tersehat di dunia. Selain Kimchi, kamu pasti juga sudah nggak asing lagi mendengar Tteokppoki.

Namun, di antara dua makanan tradisional tersebut, Korea memiliki puluhan makanan tradisional yang tersebar di seluruh Korea lho. Buat yang masih asing banget, berikut daftar lengkap makanan tradisional Korea untuk part yang pertama. Ada apa saja?

1. Seolleongtang 설렁탕 (Sup Tulang Sapi)


Seolleongtang adalah sup yang terbuat dari tulang sapi, usus, dan betis yang direbus dalam waktu yang lama. Sop tulang sapi biasanya dihidangkan dengan nasi serta dibumbui daun bawang, merica hitam, dan garam.

2. Wang Galbi 왕갈비 (Iga Sapi Jumbo)


Suwon dikenal dengan iga sapi karena pasar hewan saat pemerintahan raja Jeong Jo (1752-1800) di zaman Joseon. Nggak cuma itu, Suwon juga dikenal dengan iga sapi jumbonya karena ukurannya yang besar yakni lebih dari 15 cm. Selain itu rasanya juga dikenal sangat enak.



3. Bajirak Kalguksu 바지락칼국수 (Mie Handmade dengan Kerang)


Mie kuah handmade Korea memiliki bermacam rasa tergantung dari bahan utamanya, misal daging sapi, ayam, seafood, atau lainnya. Bajirak kalguksu memiliki rasa yang enak dan segar.

4. Dakgalbi 닭갈비 (Ayam Panggang Pedas)


Dakgalbi adalah ayam yang dioseng dengan sayuran seperti gubis, ubi, wortel, dan daun wijen di wadah penggorengan besar. Bumbu sisa Dakgalbi setelah dimakan biasanya dicampur dengan nasi yang akan memiliki rasa yang sangat enak.

Baca Juga: Warisan Korea Kelas Dunia: Mahkota Emas Kuno Kerajaan Silla Terbanyak di Dunia & Arti Tiap Ornamen

5. Hanu-gui 한우구이 (Daging Lokal Korea yang Dipanggang)


Hanu adalah daging sapi lokal Korea. Hoengseong, Provinsi Gangwon dikenal sebagai sumbernya daging sapi tersebut yang memiliki tekstur daging yang baik dan enak. Hal ini dikarenakan Provinsi Gangwon terletak lebih dari 600 meter di atas permukaan laut.

6. Chodang Sundubu 초당순두부 (Tahu Halus)


Untuk membuat tahu, giling kacang setelah direndam dan rebus sebelum menggumpal. 'Chodang' merupakan nama pena dari Heoyeop (1517-1580), wakil utusan dari Gangneung di Dinasti Joseon, dan tahu yang dibuatnya dinamakan Tahu Chodang. Kacang kedelainya begitu terasa dan tentu saja menyehatkan karena lendah kalori.

7. Gulbap 굴밥 (Nasi dengan Tiram)


Tiram biasa disebut juga dengan 'milk of sea', yang kaya akan nutrisi, di mana tiram ini tersebar di timur dan barat. Gulbap adalah makanan tiram Korea yang menjadi representative. Untuk membuat Gulbap, masak nasi dengan tiram dan campur dengan bumbu rempah sebelum dimakan.

8. Hodu Gwaja 호두과자 (Kue Kenari)


Hodu Gwaja adalah kue yang berbentuk seperti kenari. Kue ini berisi kacang merah lembek yang memiliki rasa halus dan manis. Kue ini sebenarnya berasal dari Cheonan, tapi sekarang bisa ditemukan hampir di seluruh Korea.

9. Yeonipbap 연잎밥 (Nasi yang Dibungkus dengan Daun Lotus)


Di daerah Buyeo, ada kolam Gungnamji saat era kerajaan Baekjae (18 Sebelum Masehi - 660 Masehi). Kolam ini dikenal dengan bunga lotusnya, sehingga orang-orang di daerah ini pun membungkus nasi dengan daun lotus untuk dimasak.

10. Samgyetang 삼계탕 (Sup Ayam Ginseng)


Sup Ayam Ginseng, atau yang dikenal dengan nama Samgyetang, merupakan makanan yang umum dan dikenal sehat saat musim panas. Ayamnya dimasak secara utuh dan dibumbui dengan ginseng, bawang putih, jujube, dan nasi manis. Sementara itu, Geumsan dikenal sebagai daerah yang membudidayakan ginseng.

11. Honghapbap 홍합밥 (Nasi dengan Kerang Laut)


Ullengdo merupakan daerah yang dikenal dengan masakan tradisional Honghapbap. Honghapbap dimasak dengan kerang laut, kecap, dan minyak wijen. Awalnya, masakan ini hanya dikhususkan untuk penduduk daerah ini saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Honghapbap kini menjadi menu favorit para turis jika berkunjung ke daerah Ullengdong.

12. Sikhye 식혜 (Rice Punch)


Sikhye merupakan minuman yang dibuat dari fermentasi nasi dengan air malt. Sikhye sangat baik untuk pencernaan, sehingga minuman ini banyak dikonsumsi terutama saat festival dan hari di mana orang makan lebih banyak ketimbang hari biasanya. Ada yang sudah pernah mencoba Sikhye?

13. Daegejjim 대게찜 (Kepiting Jumbo Kukus)


Kepiting Bambu/Jumbo (Daege) tampak mirip dengan bambu. Inilah yang menjadi alasan masakan tradisional dari Yeongdeok ini diberi nama Kepiting Bambu. Daege dimasak dengan cara dikukus tanpa bumbu spesial. Daege memiliki rasa yang biasa/tanpa rasa.

14. Gwamegi 과메기 (Ikan Haring dan Sauri Pasifik Semi Kering)


Gwamegi merupakan nama untuk menyebutkan Ikan Haring dan Sauri Pasifik semi kering di Korea. Meski kebanyakan orang memakan Gwamegi dengan bawang putih dan daun bawang bawang yang dibungkus dengan batang rumput laut, namun berbeda dengan masyarakat Pohang yang memakan Gwamegi secara polos atau tidak dicampur dengan bahan lainnya. Pohang sendiri merupakan area yang dikenal dengan produksi Gwamegi.

15. Jjimgalbi 찜갈비 (Iga Sapi Pedas Rebus)


Iga Sapi Pedas Rebus kini menjadi salah satu masakan tradisional Korea yang dikenal oleh wisawatan asing. Cara memasak Jjimgalbi pertama-tama rebus iga sapi, kemudian rebus ulang selama 10 menit dengan saus pedas yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, dan jahe. Saking pedasnya, kamu bahkan sampai mengeluarkan air mata saat memasaknya lho. Jjimgalbi merupakan masakan tradisional yang berasal dari Daegu. Bahkan, ada sebuah daerah yang dinamakan "Gang Jjimgalbi" di sana.

16. Dongnae Pajeon 동내파전 (Pancake Seafood dan Daun Bawang Ala Dongnae)


Dongnae Pajeon merupakan makanan yang disuguhkan untuk raja di era Dinasti Joseon. Untuk membuatnya, goreng adonan yang merupakan campuran antara tepung dengan tepung beras dan ditambahkan dengan daun bawang dan seafood. Kini, Dongnae Pajeon menjadi favorit masyarakat umum.

17. Chungmu Kimbab (Kimbab Ala Chungmu)


Untuk membuat Kimbab, tuangkan nasi pada lembaran kim, lalu gulung setelah menambahkan berbagai macam sayuran di dalamnya. Banyak nutrisi yang terkandung di dalam kimbab. Namun sayangnya, kimbab ini gampang rusak. Sehingga untuk menanggulanginya, Chungmu Kimbab disajikan dengan lobak kimchi dan cumi bumbu sebagai makanan pendamping.

18. Jeonju Bibimbab (Nasi Campur dengan Sayur dan Daging Ala Jeonju) 


Bagi yang masih asing dengan Bibimbab, ini merupakan makanan Korea yang menyajikan nasi yang dicampur dengan sayur, daging, dan saus gochujang. Jeonju memang dikenal sebagai surganya Bibimbab. Di dalam Bibimbab sendiri, terdapat lima macam sayur dengan berbagai warna yang dicampur dengan daging bumbu mentah.

19. Chueotang (Sup Belut)


Belut merupakan bahan dasar dari Chueotang. Ini yang membuat makanan yang dikenal dari Namwon ini penuh dengan protein, kalsium, zat besi dan vitamin. Makanan ini juga dipercaya mampu merevitalisasi tubuh lho.

Baca Juga: Rangkaian Perjalanan 1000 KM Rombongan Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia dalam Tur "TeKo Nang Jawa"

20. Gulbi (Ikan Croaker Kering)


Gulbi merupakan ikan Croaker yang diasinkan dan dikeringkan dengan angin laut. Makanan ini berasal dari Beopseongpo, Yeonggwang. Gulbi bisa dimasak dengan cara dipanggang, dikukus, ataupun dibuat sup pedas.

21. Daetongbab (Nasi Bambu)


Di Korea, Damyang dikenal dengan bambunya. Banyak yang menanam bambu sejak Dinasti Goryeo (918-1392). Untuk membuat Daetongbab, masak nasi di dalam batang bambu. Daetongbab sangat baik untuk kesehatan dan rasanya pun sangat enak!

22. Bulgogi (Korean BBQ)


Bulgogi merupakan daging yang dimarinasi dengan kecap asin, minyak wijen, wijen, bawang putih, dan daun bawang. Orang Korea biasanya makan Bulgogi dibungkus dengan selada, ataupun daun lainnya.

23. Jeonbokjuk (Bubur dengan Abalon)


Juk merupakan bahasa Korea dari bubur. Bahan dasar Juk biasanya dibuat mulai dari sereal, sayur, daging, dan ikan laut. Akan tetapi Jeonbokjuk sendiri merupakan bubur yang paling terkenal di Korea dan mengandung nutrisi tinggi dan sangat lezat.

24. Okdom-gui (Ikan Laut Bakar)


Okdom (Ikan Laut) merupakan makanan khas dari Pulau Jeju. Meskipun banyak cara untuk menyajikan okdom, mulai dari yang mentah, dipanggang, dibuat sup, hingga bubur. Namun, dibakar merupakan yang paling populer.






Artikel ini dikutip dan diterjemahkan oleh Mita Anandayu untuk HALLYU-STORY.COM dari vank.prkorea.com. Voluntary Agency Network of Korea (VANK) adalah organisasi non-pemerintah dan nirlaba yang berbasis di Korea. Anggota VANK adalah "Cyber ​​Diplomat" yang bertujuan untuk memperkenalkan Korea kepada dunia dan "World Changers" yang berusaha untuk memecahkan masalah global dan mengubah dunia. Visi VANK adalah agar Korea berkembang menjadi center Asia, pintu gerbang ke Asia Timur Laut, dan negara yang dicintai yang berbagi persahabatan dan bermimpi dengan orang-orang dari seluruh dunia. Info lengkap tentang makanan tradisional Korea kunjungi chingu.prkorea.com.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad