Hari Orangtua Nasional (Parents' Day) di Korea dan Fakta-fakta di Baliknya - HALLYU STORY - One-stop Fun and Readable Contents for Millennials who Enjoy All About Korea

Hottest

Post Top Ad

Post Top Ad

Beriklan di Sini

Wednesday, May 8

Hari Orangtua Nasional (Parents' Day) di Korea dan Fakta-fakta di Baliknya

Hari Orangtua di Korea diperingati setiap tanggal 5 Mei, seperti apa fakta-fakta di baliknya? © Budgettravel2Korea.com via Teacherspage.wordpress.com


Bulan Mei dikenal juga dengan Bulan Keluarga di Korea. Hal ini dikarenakan banyak peringatan bagi keluarga, salah satunya 어버이 날 (Hari Orangtua atau Parents' Day).

Berbeda dengan Hari Orangtua Internasional yang diperingati setiap tanggal 15 Mei, tiga hari setelah Hari Anak, Hari Orangtua diperingati setiap tanggal 8 Mei.

Awalnya Merupakan Hari Ibu


Hari Orangtua merupakan hari untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas kasih sayang orang tua karena telah membesarkan anak-anaknya. Peringatan Hari Orangtua di Korea sendiri sebenarnya punya sejarah unik.

Seperti dilansir dari Korea.net, di tahun 1956 Presiden Pertama Korea Rhee Syngman (Lee Seung Man) memutuskan untuk menjadikan tanggal 8 Mei sebagai Hari Ibu.

Namun, banyak yang berpikir bahwa agak aneh jika ada Hari Ibu tetapi tidak ada Hari Ayah. Sehingga, pemerintah Korea pun memutuskan tanggal 8 Mei sebagai Hari Orangtua.

Membuat Carnation (Bunga Anyelir dari Kertas) 


Banyak cara yang dilakukan seorang anak untuk mengucapkan terima kasih kepada orangtua di Hari Orangtua, salah satunya membuat carnation sering dilakukan orang Korea sebagai simbol. Di carnation tersebut juga terdapat tulisan "어버이 은혜 (Terima kasih atas kasih orangtua)".

Carnation dari kertas buatan tangan sebagai simbol Hari Orangtua © Korea.net/Magdalena Krisnawati

Carnation mereka berikan kepada orangtua dan dipasangkan di dada sebelah kanan. Sang anak pun mengucapkan terima kasih kepada orangtua mereka. Setelah itu, mereka menghabiskan waktu dengan makan malam dan memberikan hadiah kepada orangtua.

Carnation dan Makna Warna


Carnation yang dibuat anak kemudian diberikan kepada orangtua ternyata memiliki arti di tiap warnanya lho. Jadi, tidak sembarang warna bisa dipilih.

Warna Merah berarti kedua orangtua masih hidup. Sedangkan warna merah muda berarti salah satu dari orangtua masih hidup, baik itu ayah atau ibu. Sedangkan warna putih memiliki arti kedua orangtua sudah meninggal dunia.

Kegiatan di Sekolah saat Hari Orangtua


Lain halnya di sekolah-sekolah, biasanya mereka mengundang orangtua untuk datang ke sekolah di acara Hari Orangtua. Para murid menyanyikan lagu untuk orang tua yang liriknya memiliki arti rasa cinta orangtua yang seluas langit. "하늘 아래 그 무엇이 넓다 하리오. 어머님의 희생은 가이없어라 (Apa yang sama besar dengan langit. Pengorbanan ibu tak ada batasnya)".

Hadiah Favorit Untuk Orangtua


Selain memberikan carnation, hadih yang menjadi favorit ketika diberikan kepada orangtua biasanya ada tiga jenis, yaitu uang, check up kesehatan, dan liburan dalam ataupun luar negeri.

Hadiah-hadiah tersebut tentu saja biasanya juga diselipkan dengan surat untuk orangtua yang isinya mengungkapkan rasa terima kasih atas cinta dan kasih sayang yang selama ini diberikan. Biasanya menulis surat ini lebih banyak dilakukan oleh anak yang masih duduk di bangku sekolah.

So, kalau kamu bakal kasih hadiah apa untuk orangtuamu nih?

어버이 은혜!

© Korean Cultural Center






Sumber: Korea.net ; KoreanClass101.com
Foto: Budgettravel2korea.com via TeachersPage.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad