Hari Anak Nasional (Children's Day) di Korea dan Fakta-fakta di Baliknya - HALLYU STORY - One-stop Fun and Readable Contents for Millennials who Enjoy All About Korea

Hottest

Post Top Ad

Post Top Ad

Beriklan di Sini

Wednesday, May 8

Hari Anak Nasional (Children's Day) di Korea dan Fakta-fakta di Baliknya

Membahas Seputar Children's Day di Korea dan fakta-fakta di baliknya © Xinhua/China Daily


Bulan Mei dipenuhi dengan peringatan spesial khususnya bagi keluarga di Korea. Alasannya, banya peringatan untuk orang tua maupun anak di bulan ini. Salah satunya Hari Anak Nasional.

Peringatan Hari Anak Nasional di Korea merupakan salah satu tanggal merah di Korea, yang berarti warga Korea libur untuk hari nasional ini. Pada tanggal 5 Mei, Korea memperingati 어린이날 (eorini nal) atau National Children's Day (Hari Anak Nasional).

Dilakukan Sejak Tahun 1920-an


Hari Anak di Korea sebenarnya sudah ada sejak tahun 1920-an. Sejumlah anak kecil melakukan pergerakan supaya diperhatikan status sosial mereka di zaman tersebut.

Salah satu orang yang mendukung pergerakan itu adalah Bang Jung Hwan. Bang Jung Hwang merupakan seorang penulis cerita anak-anak.

Awalnya Diperingati Tanggal 1 Mei


Pada mulanya, Hari Anak diperingati pada tanggal 1 Mei. Namun, karena bersamaan dengan Hari Buruh Internasional, tanggal 5 pun ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional hingga hari ini dan mulai diresmikan sebagai hari libur nasional sejak tahun 1970-an.

Children's Day Bukanlah Nama Awal


Sejak tahun 1970-an Hari Anak ditetapkan sebagai hari libur nasional di Korea. Menariknya, awalnya Children's Day (Hari Anak) bukanlah nama awal dari hari nasional ini.

Seperti yang dilansir dari Haps Magazine Korea, Boy's Day merupakan nama asli dari saat dicanangkan. Namun setelah ditetapkan sebagai hari nasional pada tahun 1970-an, Boy's Day pun diubah menjadi Children's Day.

Sebutan Lain dari Children's Day


Di Korea, Children's Day disebut sebagai eorini nal yang diambil dari dua kata yakni 어린이 (eorini) yang memiliki arti anak, dan 날 (nal) yang berarti hari.

Seperti yang dilansir dari 90 Day Korean, orang Korea juga biasa menyebut eorini nal dengan 오월 오일 (owol oil) atau tanggal lima bulan 5, di mana Children's Day ini jatuh.

Aktivitas yang Dilakukan Saat Children's Day


Sebagai orang tua, tentu ingin membahagiakan anaknya. Apalagi jika di hari libur di tanggal 5 Mei untuk memperingati Hari Anak. Para orang tua Korea pun melakukan sejumlah aktivitas untuk sang anak menikmati waktu bersama orang tua setelah sibuk dengan pekerjaan mereka.

Pergi ke taman bermain merupakan salah satu yang dipilih orang tua dan anak untuk menikmati liburannya. Taman hiburan yang terkenal di Korea adalah Lotte World yang terletak di Jamsil, Everland di Yongin, dan Seoul Land yang terltak di Seoul.

Anak-anak menikmati waktu bersama di Hari Anak Nasional © Shim Hyun Chul/Korea Times

Selain ke taman bermain, kebun binatang juga jadi tempat yang populer di antara anak-anak. Beberapa pilihan kebun binatang yang bisa dikunjungi adalah Seoul Grand Park dan Children's Grand Park yang keduanya terletak di Seoul. Tentu dua kebun binatang ini saja yang dimiliki Korea ya. Masih banyak lagi di daerah lainnya.

Kalaupun tak ingin ke taman bermain ataupun kebun binatang, piknik juga bisa dijadikan pilihan untuk keluarga lho. Biasanya taman di sepanjang Sungai Han selalu dijadikan obyek wisata bagi keluarga di Korea.

Tak hanya itu, naik gunung, menonton pertandingan baseball, dan pergi ke desa juga menjadi pilihan mereka untuk mengajak anak-anak berlibur.

Sudah Ada Sejak 500 Tahun Lalu


Sebenarnya, hari libur nasional tanggal 5 Mei sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Di mana tanggal ini dikenal dengan Suri Day, yang berarti lima hari pertama ini dianggap sebagai salah satu dari empat hari libur besar di Korea.

Di tanggal ini orang Korea biasanya bakal memakai baju baru dan memberikan makanan untuk leluhur mereka. Tak ketinggalan juga, mereka juga turut berpartisipasi dalam permainan tradisional. Aktivitas ini hampir mirip dengan Chaesa (Hari Upacara Membungkuk).

행복한 어린이날! 





Sumber: Haps Magazine Korea, 90 Day Korean
Foto: Shim Hyun Chul (Korea Times) & Xinhua (China Daily)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad