Proses Pembuatan Koreografi Artis K-Pop, Harus Punya Poin Unik - HALLYU STORY - One-stop Fun and Readable Contents for Millennials who Enjoy All About Korea

Hottest

Post Top Ad

Post Top Ad

Beriklan di Sini

Wednesday, April 3

Proses Pembuatan Koreografi Artis K-Pop, Harus Punya Poin Unik

Mina Myoung merupakan salah satu koreografer artis K-Pop © Istimewa


HALLYU-STORY.COM - K-Pop nggak lepas dari koreografi di tiap lagunya. Tiap artis K-Pop selalu punya keunikan tersendiri dalam etiap koreografinya. Bahkan, koreografi juga menjadi salah satu kunci sukses sebuah lagu bagi comeback seorang artis. Lantas, sebenarnya seperti apa sih proses pembuatan koreografi dalam dunia K-Pop?

Sebelumnya, HALLYU STORY pernah membahas soal salah satu back dancer yang juga menjadi salah satu kunci sukses seorang idol. Nggak cuma jadi back dancer, terkadang mereka juga membuat koreografi untuk seorang idol lho.

Mina Myoung dan Mamamoo © Instagram.com/minamyoung




Mina Myoung, salah seorang dancer yang juga tergabung dalam 1MILLION Dance Studio membagikan bagaimana proses membuat sebuah koreografi nih. Mina Myoung telah menciptakan berbagai koreo untuk solois maupun idol Korea. Yang terbaru Mina Myoung terlibat dalam proyek comeback mantan member 2NE1, Park Bom. Selain itu koreografi Mamamoo berjudul Gogobebe juga merupakan hasil karyanya.

Seorang Penyanyi Selalu Ingin Ada Poin Dalam Koreografer


Dalam sebuah video yang dibagikannya dengan judul HOW TO MAKE K-POP CHOREOGRAPHY itu Mina pertama-tama mengatakan kalau seorang artis K-Pop selalu mencari poin yang mudah diingat dalam setiap koreografi mereka. Meski begitu Mina tetap memilih untuk menyatukan antara poin dalam koreografi dengan aura dalam sebuah lagu.

"Aku membuat koreografi untuk artis K-Pop versus dancer di 1Million Dance itu sangat berbeda. Karena hampir semua koreografi K-Pop selalu memiliki poin yang dicari oleh seorang artis K-Pop. Artis K-Pop berpikir bahwa poin dalam koreografi sangatlah penting.



Deadline Seminggu untuk Membuat Koreografi


Dalam membuat sebuah koreografi, Mina mengatakan dirinya hanya diberi waktu tujuh hari untuk pembuatan koreografi. Prosesnya yang pertama seorang koreografer harus mendalami liriknya. Bagi Mina, ia harus mencetak lirik dari lagu yang ia akan buat koreografinya.



Dari lirik tersebut, seorang koreo juga bisa mengecek koreografi yang akan dibuat serta formasi para dancernya. Mina punya cara sendiri untuk membuat sebuah koreografi untuk artis K-Pop.

Jika biasanya dibuat dari awal hingga akhir lagu, Mina memulainya dari bagian hook. Hal ini dikarenakan hook merupakan bagian yang penting dalam sebuah lagu. Seorang koreo harus memastikan membuat sebuah poin dalam koreo untuk bagian hook tersebut. Jika telah merasa cocok di bagian hook, maka bisa berlanjut ke bagian verse 1, verse 2, bridge, ending, intro dan seterusnya untuk dibuat koreografinya.



Yang paling penting adalah bisa menginterpretasikan lirik ke dalam sebuah koreografi. Hal ini dikarenakan agar penonton bisa ikut meresapi liriknya dalam sebuah koreografi. Mina sendiri mengaku biasanya dirinya butuh waktu 2-4 hari untuk membuat koreografi.

Latihan Dua Hari Berturut-turut




Setelah selesai membuat koreografi, seorang koreografer akan melatih para dancer yang akan menjadi back dancer seorang artis K-pop dua hari kemudian. Latihan akan dimulai pada pukul 10 malam dan tak akan diketahui sampai kapan akan selesai. Biasanya sampai ia merasa para dancer sudah baik dalam koreografi dan penataan formasinya.


Baca Juga: "Memutar Waktu" ke Dinasti Joseon di Namsangol Hanok Village Korea


Latihan ini dilakukan dalam dua hari hingga hari ketiga dilanjutkan dengan pengambilan video. Mina pun merupakan tipe yang sangat picky dan detail saat melakukan pengambilan video. Hal ini karena ia merasa merupakan representative dari agensi dance-nya sehingga ia harus melakukannya dengan sempurna.

Jadi seperti itulah proses pembuatan koreografi K-pop nih. Kalau gini udah nggak penasaran lagi ya. Kamu bisa tonton videonya di bawah ini ya.


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad