Orang Korea Selalu Pakai Sumpit Logam, Ini Fakta-Fakta Menariknya - HALLYU STORY - One-stop Fun and Readable Contents for Millennials who Enjoy All About Korea

Hottest

Post Top Ad

Post Top Ad

Beriklan di Sini

Saturday, February 9

Orang Korea Selalu Pakai Sumpit Logam, Ini Fakta-Fakta Menariknya

Fakta-fakta menarik alasan orang Korea pakai sumpit logam © www.gastrotourseoul.com


HALLYU-STORY.COM - Nggak jarang menemukan sumpit logam ketika nonton drama Korea ataupun variety show Korea. Berbeda dengan Cina, Jepang dan negara Asia lainnya, Korea lebih memilih untuk menggunakan sumpi yang terbuat dari logam hingga kini.

Perlu kamu tahu, kalau sumpit Cina, Jepang dan Korea ini punya perbedaan lho. Seperti yang dilansir dari Instagram Kedutaan Besar Republik Korea @koremb.idn, sumpit Cina cenderung lebih panjang. Hal ini dikarenakan budaya Cina dahulu makan di satu meja bundar. Kalau sumpitnya panjang, tentu bakal memudahkan mengambil makanan ataupun tidak terkena panas saat menggoreng makanan.

Berbeda lagi dengan Jepang, kalau Jepang justru memilih sumpit yang pendek agar memudahkan memakan nasi dari mangkok ke mulut. Nggak cuma sekedar pendek saja, sumpit Jepang juga harus runcing agar dapat menghilangkan tulang dengan mudah. Persamaannya, orang Cina dan Jepang biasanya lebih sering menggunakan sumpit kayu, porselen, atau plastik.

Perbedaan sumpit Korea, Jepang dan Cina © www.gastrotourseoul.com


1. Sumpit Logam Digunakan Sejak Abad ke-18 SM


Menggunakan sumpit logam bukan hal yang baru bagi orang Korea. Sumpit logam sudah dimulai sejak berabad-abad lalu saat Dinasti Joseon.

Mengulang sejarah mengapa orang Korea menggunakan sumpit logam, saat itu abad ke-18 SM di era tiga kerajaan Korea, Salah satu keluarga dari tiga kerajaan, keluarga kerajaan Baekje, diketahui menggunakan sumpit dan sendok perak untuk mendeteksi adanya racun dalam makanan.

Baca Juga: 3 Fakta Seputar Cheong Wa Dae (Blue House), Istana Negara Presiden Korea Selatan

2. Untuk Deteksi Racun


Perak sangat sensitif ketika terkena kontak dengan arsenik sulfida. Nantinya, akan muncul tanda tertentu di perak tersebut jika benar terdeteksi adanya racun. Hal ini tentu dapat menjadi peringatan adanya racun arsenik bagi mereka.

3. Lebih Higienis dan Tahan Lama


Ternyata nggak cuma karena untuk mendeteksi racun saja yang menjadikan alasan orang Korea memilih menggunakan sumpit logam. Menurut mereka, sumpit logam ini dipandang lebih higienis daripada sumpit kayu.

Selain itu, tahan lama dan ramah lingkungan juga menjadi pertimbangan mereka untuk tetap mempertahankan tradisi menggunakan sumpit logam dalam sehari-hari. Satu set sumpit logam tentu dapat bertahan selamanya. Hal ini juga dibuktikan sumpit-sumpit logam yang masih bertahan sejak zaman Korea kuno hingga kini menjadi barang antik namun tak dapat di museum kan dikarenakan jumlahnya yang terlalu banyak.

Nah, kalau begini sudah tahu kan alasan kenapa orang Korea lebih suka menggunakan sumpit logam tak seperti Cina, Jepang ataupun negara Asia lainnya? Kamu lebih nyaman pakai sumpit apa nih?

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad