3 Fakta Seputar Cheong Wa Dae (Blue House), Istana Negara Presiden Korea Selatan - HALLYU STORY - One-stop Fun and Readable Contents for Millennials who Enjoy All About Korea

Hottest

Post Top Ad

Post Top Ad

Beriklan di Sini

Saturday, February 2

3 Fakta Seputar Cheong Wa Dae (Blue House), Istana Negara Presiden Korea Selatan

Apa saja fakta seputar Blue House, rumah resmi Presiden Korea Selatan? © visitkorea.or.kr

HALLYU-STORY.COM - Kalau di Amerika Serikat kediaman resmi Presiden dinamakan Gedung Putih. Nah, kalau di Korea namanya 청와대 (Cheong Wa Dae) atau Gedung Biru. Jadi sebenarnya apa alasannya dinamakan Gedung Biru sih? Apa makna warna biru bagi rakyat Korea? Ada nggak sih sejarahnya?

Berdasarkan Instagram Kedutaan Besar Korea Selatan @koremb.idn yang diunggah pada hari Rabu (23/1/2019), ternyata ada beberapa asumsi nih. Pertama, pemerintah menciptakan nama Cheong Wa Dae (Rumah Beratap Biru) pada bulan Agustus 1960 sebagai upaya untuk meredam sentimen negatif dari rakyat terhadap kediaman pemerintah sebelumnya yang dicurangi dalam pemilihan. Atap biru melambangkan perdamaian dan pemberontakan yang demokratis di tahun 1960.

Kedua, warna biru telah sering digunakan di Korea karena Teori Yin-Yang dan Lima Elemen dan lokasinya di Asia. Berdasarkan pandangan tradisional Asia mengenai alam dan dunia, teori ini menganggap biru adalah warna Asia Timur.

Ketiga, untuk memproduksi genteng biru dibutuhkan keterampilan dan usaha yang jauh lebih besar dibandingkan genteng hitam polos biasa. Karena alasan ini, hanya keluarga bangsawan yang mampu tinggal di rumah-rumah beratap biru.


Cheong Wa Dae (Blue House) © visitkorea.or.kr
Sejarah mencatat bahwa banyak atap di istana-istana utama Korea juga berwarna biru, tetapi telah hancur karena Perang Korea, kecuali Aula Seonjeongjeon di Istana Changdeokgung. Sekarang tahu kan alasannya kenapa diberi nama Gedung Biru. Semoga bisa menambah info seputar Korea ya.

Informasi seputar Korea update di sini: @koremb.idn @dubes.korsel @kcc.id @ktoid @kocca_indonesia



Artikel ini ditulis oleh Mita Anandayu yang dikutip dari Instagram Kedutaan Besar Korea Selatan @koremb.idn pada hari Rabu, 23 Januari 2019 pukul 19.13 WIB sebagai #SahabatKorea (Social Media Support of Embassy Republic Korea in Indonesia ) untuk Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia.
Sumber: Instagram Kedutaan Besar Korea Selatan @koremb.idn

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad